Pages - Menu

Pages

Laman

Pages - Menu

Selasa, 06 Desember 2016

Microsoft Word

Makalah Microsoft Word

 Disusun Oleh :
 Nama            : Nora Baringbing
  Nim               : 16-217
  M.Kuliah      :Aplikasi Komputer
  Fakultas        :Psikologi
Hasil gambar untuk psikologi universitas sumatera utara

KATA PENGANTAR
            Pertama-tama kami mengucapkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang  Maha Esa,karena dengan rahmat,karunia,serta taufik dan hidayah-Nya,kami dapat menyusun makalah ini.Saya berharap makalah ini dapat berguna dalam menambah wawasan pengetahuan bagi pembaca,adapun judul dari makalah yang saya ini yaitu :”Microsoft Word”.
          kami juga menyadari sepenuhnya bahwa didalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna.Oleh sebab itu,kami berharap adanya kritik,saran,dan usulan demi perbaikan makalah yang telah saya buat di masa yang akan datang mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa ada saran yang membangun.
          Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya.sekiranya laporan yang disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya.Sebelumnya saya mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan saya memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa yang akan datang.



Medan,05 Oktober 2016


Penyusun





 DAFTAR ISI
















BAB I

PENDAHULUAN

A.  LATAR BELAKANG

Pada saat ini kemajuan teknologi,menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah,terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia,yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih mudah untuk terpenuhi.
Secara tidak langsung,mamfaat dari berkembangnya teknologi adalah membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.Seperti aplikasi microsoft office,aplikasi ini sangat membantu para pekerja kantoran,mahasiswa,pelajar,dan masih banyak lagi.Salah satu bagian dari microsoft office adalah microsoft office word.

B.  TUJUAN


Setelah mempelajari makalah ini diharapkan untuk dapat :
1.     Memahami cara mengoperasikan.
2.     Dapat mengoperasikan menu-menu yang ada.
3.     Menggunakan fungsi mencetak hasil pengolahan.

BAB II

PEMBAHASAN

A.  SEJARAH  MICROSOFT OFFICE


Sejarah microsoft office dan perkembangannya dari tahun ke tahun memang perlu kita ketahui,agar kita juga tidak ketinggalan versi-versi terbarunya.Karena tidak bisa dipungkiri lagi,dizaman sekarang keseharian hidup kita dalam hal pekerjaan misalnya tidak lepas dari aplikasi perkantoran  seperti halnya membuat surat pernyataan,menginput data karyawan,membuat karya ilmiah,dan lain sebagainya,semua itu bisa dimamfaatkan microsoft office
Sejarah microsoft office sesuai dengan namanya,software ini diproduksi oleh perusahaan raksasa bernama Microsoft.Microsoft Office pertama kali diperkenalkan pada tahun 1989.
Pada tanggal 30 Agustus 1992,Microsoft meluncurkan Microsoft Office versi 3.0.Pada versi tersebut Microsoft Office menyertakan Microsoft Word sebagia pengolah kata,Microsoft Excel sebagai pengolah angka,Microsoft Power Point digunakan sebagai aplikasi presentasi yang handal,dan Microsoft Mail untuk menerima dan mengirim email.
Pada tahun 1995-an Microsoft kembali meluncurkan sistem Microsoft Office 95 dan windows 95 jadi total windows versi 3.1.Sampai tahun 2000-an Microsoft telah meluncurkan beberapa versi Microsoft Office dan sampai saat ini masih tetap digunakan sebagai andalan aplikasi perkantoran modern.

B.  PENGERTIAN  MICROSOFT  WORD






Microsoft word adalah aplikasi pengolah kata yang sangat populer pada saat ini,aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft ini telah mempermudah kerja manusia dalam berbagai hal.
Menurut KKBI Microsoft word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) anadalan Microsoft.Pertama diterbitkannya pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix,versi-versi lain.

Hasil gambar untuk tampilan microsoft word
C. PERKEMBANGAN MICROSOFT WORD

1.     Microsoft office 3.0 ternyata yang pertama dirilis dan tersedia untuk OS Windows.
2.     Micrososoft office 4.0 dirilis pada tahun 1994,berisi word 6.0,Excel 5.0,Power point 4.0,dan Mail dan Access.
3.     Microsoft office 4.3,Seri ini merupakan seri dengan 16 bit terakhir dan juga versi terakhir yang mendukung windows 3.x.windows NT 3.1 dan Windows NT 3.5.
4.     Microsoft office 95 atau juga dikenal dengan versi 7.0.Versi ini menggunakan 32 bit agar cocok dengan windows 95 profesional.Yang versi standar terdiri dari word 7.0 dan Excel 7.0,dan yang lainnya 7.0.
5.     Microsoft office 97 (office 8.0),versi ini dirilis dengan banyak fitur dengan perkembangan dibanding versi sebelumnya.Pengenalan terhadap command bar,sesuatu hal baru dimana menu dan toolbar dibuat lebih mirip dengan visual designya.
6.     Microsoft office 2000 (office 9.0)pada versi ini banyak opsi-opsi disembunyikan.
7.     Microsoft office XP (office 10.0) merupakan upgrade besar-besaran dengan banyak perkembangan dan perubahan.
8.     Microsoft office 2003 (0ffice 11.0) sesuia namanya versi ini dirilis pada tahun 2003 dengan fitur logo baru.Dua aplikasi ini juga ada yaitu,Microsoft infopatch dan onenote,versi juga sering dipakai di Indonesia terutama untuk rental dam warnet.
Hasil gambar untuk tampilan microsoft word 2003 sampai 2013
9.     Microsoft Office 2007 (office 12.0) versi ini dirilis tahun 2007,memiliki fitur baru,juga ada groove,sebuah aplikasi kolaborasi,office 2007 memiliki design tampilan baru yang bernama fluen user interface.Pada tahun 2009 office ini sudah banyak dipakai sekarang dan mulai menggeser kedudukan office 2003.

Hasil gambar untuk tampilan microsoft word 2007
10.            Microsoft office 2010 (office 14.0) untuk sekarang sedang dalam perkembangan dan sudah mulai digunakan sesui dengan perkembangannya.

Hasil gambar untuk tampilan microsoft word 2010 
11.Microsoft word 2013

Hasil gambar untuk tampilan microsoft word 2013
D. FUNGSI-FUNGSI MENU BAR PADA MICROSOFT WORD

1.Menu file,sub menu file
v New                               : Membuka dokumen baru yang masih kosong.
v Open                              : Membuka file dokumen yang telah disimpan.
v Close                              : Menutup dokumen.
v Save                               : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan.
v Save As                         : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan dengan format lain.
v Save As Web Page         : Menyimpan dalam format file web page.
v Search                           : Mencari teks tertentu dari suatu file.
v Versions                        : Untuk mengetahui versi Ms.Word.
v Web Page Preview         : Melihat tampilan dokumen dalam format web page.
v Page Setup                    : Mengatur tampilan halaman yang akan dicetak.
v Print Priview                  : Melihat tampilan dari dokumen yang akan dicetak.
v Print                              : Mencetak dokumen dan mengatur kerja printer.
v Sent to                          :Mengirim dokumen melalui email.
v Propertise                     :Mengetahui beberapa keterangan mengenai dokumen.
v Exit                              : Menutup Program Ms.Word.
2. Menu edit,sub menu edit
Ø Undo                             : Membatalkan perintah yang telah dilakukan.
Ø Redo                              : Mengulangi perintah yang telah dilakukan.
Ø Cut                                 : Menghapus\memindahkan teks atau objek ke clipboard.
Ø Copy                             :Menyalin teks atau objek yang dipilih ke clipboard.
Ø Office clipboard             : Membuka isi clipboard.
Ø Paste                             :Menempatkan objek\teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada.
Ø Paste Special                 : Menempatkan objek\teks pada clipboard pada posisi titik sisip berada dengan format yang berbeda.
Ø Paste hyperlink              : Menempatkan teks sebagai hyperlink.
Ø Clear                             : Menghapus semua data (All),format data (formats),komentar (comment),isi data (content),yang ada padfa lembar kerja.
Ø Select All             : Memblok semua isi dokumen.
Ø Find                     :Mencari kata dari dokumen yang aktif.
Ø Replace                :Mencari dan mengganti kata tertentu dari dokumen yang sedang aktif.
Ø Go To                  : Menuju ke halaman.
Ø Links                    : Mengubah sumber link objek pada dokumen yang aktif.
Ø Objek                   : Mengedit objek yang bukan berasal dari dokumen word.
3. Menu view,sub menu view
·        Normal                          : Mengubah tampilan layar ke bentuk normal.
·        Web layout                     : Mengubah tampilan layar dalam bentuk web view.
·        Print layout                     : Mengubah tampilan layar ke bentuk print view.
·        Outline                          : Mengubah tampilan layar ke outline view.
·        Task Pane                     : Menampilkan/menyembunyikan bantuan task pane di layar.
·        Toolbars                        : Menampilkan dan menyembunyikan toolbar.
·        Ruler                              : Menampilkan/menyembunyikan mistar atau garis pengatur.
·        Show paragraph marks   : Menampikan simbol paragraf.
·        Gridlines                        : Menampilkan tanda garis pada lembar kerja.
·        Document map              : Menampilkan dokumen dengan disertai peta gambar.
·        Header footer                :Membuat dan menghapus judul atas dan bawah di document.
·        Markup                         : Menampilkan toolbar markup.
·        Fullscreen                      : Menampilkan document daalm satu layar penuh.
·        Zoom                            :Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar.



4.Menu insert,sub menu insert
§  Break                   : Menentukan jenis perpindahan halaman.
§  Page number        : Memberi nomor halaman.
§  Date and time       : Menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini.
§  Autoteks              : Menyisipkan kata.
§  Field                              : Menyisipkan field.
§  Symbol                : Menyisipkan simbol ke dalam teks.
§  Comment             : Menyisipkan komentar.
§  Reference             : Menyisipkan footnote.
§  Web component : Menyisipkan komponen dari web.
§  Picture                 : Menyisipkan gambar.
§  Diagram               : Menyisipkan diagram.
§  Text box              : Menyisipkan teks/gambar yang berada didalam kotak tertentu kedalam dokumen aktif.
§  File                      : Menampilkan toolbar markup.
§  Object                 : Menyisipkan objek ke dalam document.
§  Bookmark           : Menyisipkan tanda pada suatu teks,file,atau dokumen (HTML).
5.Menu format,sub menu format
ü Font                              :Memilih jenis,gaya,ukuran,dan efek huruf yang diinginkan.
ü Paragraph                     :Menentukan identitas,spasi,pemotongan baris,dan halaman dokumen aktif.
ü Bullets and numbering :Menyisipkan bullet dan nomor pada teks yang dipilih.
ü Border and shading       :Memberikan bingkai pada arsiran.
ü Columns                        :Membuat dokumen menjadi beberapa kolom.
ü Tabs                              :Menentukan batas tabulasi di dalam dokumen.
ü Drop cap                       :Memformat teks menjadi huruf yang berukuran lebih besar dari awal paragraf.
ü Text direction                :Mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik.
ü Change case                  :Mengatur teks yang disorot menjadi huruf besar dab kecil atau sebaliknya.
ü Fit text                          :Mengatur jarak antarhuruf dan kalimat.
ü Background                            :Memberi warna latar belakang pada dokumen.
ü Theme                           :Mengatur format tampilan theme yang digunakan pada halaman web.
ü Frames                          :Membantu tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen dan menempatkannya di sebelah kiri frame.
ü Autoformat                    :Mengubah format yang disediakan word menjadi format dokumen baru.
ü Style and formating       :Mengubah style dan format.
ü Reveal formating           :Menampilkan teks pane reveal formating yang berfungsi untuk menentukan format suatu teks.
ü Object                           :Memformat suatu object

6.Menu tools,sub menu tools
v Spelling and grammar    :Menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau paragraf dalam suatu dokumen.
v Language                       :Menjalankan fasilitas penerjemah bahasa.
v Word count                   :Memberikan data statistik tentang jumlah halaman,karakter,paragraf dan baris yang terdapat dalam dokumen.
v Speech                           :Mengubah pembicaraan melalui microfon menjadi teks atau sebaliknya.
v Track changes                :Menandai teks yang baru diubah sisihnya.
v Compare and maarge doc:Membandingkan dan menggabungkan dokumen yang aktif dengan dokumen lainnya.
v Protect document          :Melindungi dokumen agar aman dari bentuk pengubahan dokumen.
v Online colaboration       :Menggandakan diskusi dan  bertukar informasi melalui internet.
v Letters and mailings       :Memjat surat melalui fasilitas wizard.
v Marco                            :Membuat dan menghapus macro sendiri.
v Template and add_ins   :Mengatur tampilan template.
v Autocorrect option        :Memperbaiki teks secara otomatis.
v Costumize                     :Menata toolbar,menambahkan perintah baru,membuat menu dari toolbar sesuai keinginan.
v Options                         :Membantu menjawab sevekas tabulasi,yaitu,view,edit,print,save,user,information,compability,file locations,security,spelling and grammar,dan track changes.
7.Menu table,sub menu table
Ø Draw table           :Menampilkan toolbar tables dan borders untuk membuat gambar tabel.
Ø Insert                    :Menyisipkan tables,baris,sel,dan kolom.
Ø Delete                   :Menghapus tabel,baris,sel dan kolom.
Ø Merge cells           :Menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel.
Ø Split cell               :Memecah sel menjadi beberapa sel.
Ø Split tables           :Memecah table menjadi beberapa table.
Ø Table autoformat :Memformat table dengan format yang telah disediakan Ms.Word.
Ø Autofot                :Menentukan penyesuaian judul windows kolom secara otomatis.
Ø Heading rows R. :Mengulang baris judul.
Ø Convert               :Mengkonversi teks menjadi table,atau sebaliknya.
Ø Sort                     :Mengurutkan data atau teks.
Ø Formula               :Menggunakan rumus dan fungsi yang disediakan Ms.Word.
Ø Hide gridines        :Menampilkan atau menyembunyikan garis bantu pada tabel.
Ø Table properties   :Menampilkan kotak dialog table properties.
8.Menu window,sub menu window
·        New window       :Menampilkan dokumen yang sama dalam jendela yang beda.
·        Arrange all           :Mengatur letak dan bentuk jendela dokumen jendela yang aktif agar dapat melihat seluruh dokumen yang aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan.
·        Split                     :Membagi dokumen yang aktif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian yang berbeda dari dokumen yangs sama pada waktu bersamaan.
9.Menu help,sub menu help
ü Microsoft word help     :Menampilkan menu help word.
ü Show the office assisten:Menyembunyikan atau menampilkan office assisten.
ü Office on the web          :Menampilkan berbagai informasi terakhir mengenai program aplikasi Ms.Office melalui internet.
ü Activate product           :Mendeteksi aplikasi word.
ü Detect and repair           :Mendeteksi dan memperbaiki program word.
ü About Ms.Word            :Menampilkan kotak dialog tentang Ms.Word yang digunakan.
E.  Cara-cara pemakaian Microsoft Office

Membuka Microsoft word
1)    Klik tombol start yang ada di taskbar.
2)    Pilih menu program.
3)    Kemudian pilih dan klik menu program aplikasi microsoft word.
Membuat Dokumen Baru
1)    Pada jendela Ms.word,pilih menu file,klik tombol New,kemudian klik tombol General.
2)    Double klik pada icon Blank Dokumen untuk membuat dokumen baru.
3)    Jendela siap untuk digunakan.
Mengedit teks
1)    Tekan tombol backspace untuk menghapus satu karekter di kiri titik sisip.
2)    Tekan tombol delete untuk menghapus karakter di kanan titik sisip.
3)    Untuk melakukan pengulangan dari teks yang baru anda ketik,pilih menu edit,Repeat typing(Ctrl+Y).
4)    Untuk menghapus teks yang baru saja anda ketik,pilih dan klik menu edit,undo,typing (Ctrl+Z) atau klik tombol undo pada toolbar standart.
5)    Untuk pindah ke baris baru tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraf,tekan tombol Shift+Enter.
Meng-copy/menyalin teks
1)    Pilih teks yang akan anda salin.
2)    Kemudian pilih dan klik menu Edit,Copy (Ctrl+C).
3)    Tempatkan titik sisip di lokasi baru.
4)    Kemudian pilih dan klik menu Edit,Paste (Ctrl+V).
Men-Delete/menghapus teks
1)    Pilih teks yang akan anda hapus.
2)    Kemudian pilih dan klik menu Edit,clear atau tekan tombol Delete.
Meng-cut-paste/memindahkan teks
1)    Pilih teks yang akan anda pindahkan.
2)    Kemudian pilih bdan klik menu Edit.Cut (Ctrl+X).
3)    Tempatkan titik sisip pada lokasi baru.
4)    Kemudian pilih dan klik menu Edit,Paste (Ctrl+Y).


BAB III

PENUTUP

 

A.  KESIMPULAN

1.     Di era globalisasi ini sangat diperlukan khususnya bagi pelajar untuk menguasai ilmu komputer seperti Ms.Office (word,Excel,power point,dll).
2.     Para sisiwa minimal harus tahu cara mengoperasikan komputer terutama Ms.Word.
3.     Ms.Word sebagai salah satu ilmu komputer yang paling banyak dioperasikan di seluruh dunia.

B.  SARAN

                                                                                                                    

Perkembangan dunia di era globalisasi ini memang banyak menuntut perubahan ke sistem pendidikan nasional yang lebih baik serta mampu bersaing secara sehat dalam segala bidang.Salah satunya adalah ilmu komputer yang harus dilakukan bangsa indonesia agar tidak semakin ketinggalan dengan negara-negara lain adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikannya terlebih dahulu.
Untuk mewujudkan impian tersebut maka penulis merasa tugas pembuatan makalah mengenai Ms.Word ini sangatlah penting bukan hanya bagi penulis tapi juga pada pembacanya.Semoga dengan adanya makalah ini kita semua lebih mengerti lagi mengenai apa itu komputer dan Ms.Word.
DAFTAR PUSTAKA
          Http://readdanerayhan.blogspot.com/2013/01/makalah-microsoft-  
 word.htmL

ini Video tentang perkembangan Microsoft Word
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar